Pages

Monday, February 16, 2015

Membuat Aplikasi Informasi Cuaca untuk IDTV (Interactive Digital Television)

Berdasarkan beberapa permintaan dari temen-temen, akhirnya berikut saya posting project ke dua bagaimana membuat aplikasi interaktif untuk media Televisi, atau IDTV (Interactive Digital Television) menggunakan Java. Kali ini saya membuat Aplikasi Client-Server Informasi Cuaca Indonesia. Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya, mungkin selama ini kita telah akrab dengan berbagai aplikasi yang ada di PC maupun ponsel, contonya seperti game, chat, konferensi video, transaksi digital, dan lain sebagainya. Dengan kehadiran berbagai teknologi terbaru dalam lingkungan televisi digital, ternyata konten serupa bisa pula diterapkan di dalam televisi, itulah IDTV (Interactive Digital Television). Hal ini sudah tentu akan memberikan dampak besar bagi revolusi dunia perTelevisian di dunia.

Seperti biasa, saya menggunakan metode standard pengembangan konten IDTV, yaitu Java MHP (Multimedia Home Platform) dan JMF. Sedangkan untuk emulator, saya menggunakan Xletview. Perbedaanya kali ini adalah ketiga komponen utama tersebut sudah saya build-in jadi satu dalam project Java 'TV_Cuaca', sehingga lebih memudahkan untuk temen-temen, cukup langsung bisa di Running via Editor Java kalian misalnya Netbeans, atau editor lain.

Hal–hal yang perlu disiapkan
  1. Editor Java. Dalam hal ini saya menggunakan NetBeans IDE 7.1.2 dan JDK 1.7.
  2. Library MHP (Multimedia Home Platform) yaitu MHP Stubs. MHP Stubs bisa anda download disini.
  3. Emulator Xletview. Dalam hal ini saya menggunakan XletView 0.3.6 yang sudah terintegrasi dengan JMF 2.1.1. Download Xletview 0.3.6.
  4. Database MySql, saya menggunakan MySql 5.1.41.

SEKILAS METODE IDTV
DVB-MHP Chain

Gambar diatas menjelaskan model penyiaran yang dgunakan dalam IDTV (Internet Digital Television) yang menggunakan middleware DVB MHP (Multimedia Home Platform). Konsep dan informasi lebih jauh mengenai ini bisa anda lihat pada posting saya sebelumnya, DVB-MHP Broadcasting Chain.

Metode MHP dalam Java

Ada beberapa hal penting mengenai penerapan Metode MHP (Multimedia Home Platform) dalam Java, dalam hal ini disebut DVB-J (DVB-Java). MHP didasarkan pada subset dari Java Personal 1.2 dan beberapa elemen utama telah dihapus, beberapa untuk menghemat ruang, yang lain karena fungsi mereka tidak diperlukan dalam konteks TV. Berikut beberapa perubahan utama :
  1. Beberapa fungsi utama telah ditambahkan di Java, yaitu API tambahan untuk fungsi STB yang spesifik (DVB MHP API). Dimana fungsi yang dibutuhkan tersebut terlalu berbeda dari standar kode Java sebelumnya.
  2. Beberapa perubahan model UI, yang mencerminkan TV-centric dan model dari PC / model workstation yang dibutuhkan dalam Televisi.
  3. Perubahan dalam class Java utama juga dibuat untuk menghemat ruang memori.
  4. Penambahan library khusus yaitu MHP MHPstubs.

RANCANGAN APLIKASI
Berikut ini adalah analisa atau perancangan aplikasi Informasi Cuaca yang telah saya buat.





CODE PROGRAM
Aplikasi yang saya buat ini merupakan aplikasi Client-Server. Code Project dan Database aplikasi Informasi Cuaca ini bisa anda download di SINI. Project ada dua bagian, Server_cuaca dan TV_Cuaca. Server_cuaca adalah aplikasi server dimana anda melakukan control penuh data Cuaca yang akan ditampilkan disisi cilent (tv). Sedangkan TV_Cuaca adalah aplikasi client yang akan menampilkan data cuaca tersebut, kita anggap sebagai TV user.


Anda boleh mengembangkan aplikasi ini sesuai keinginanan anda, mungkin hasilnya akan lebih baik, asalkan tidak untuk di komersialkan.


IMPLEMENTASI DAN DEMO APLIKASI
Langsung saja, silahkan di setting dulu database nya, database saya beri nama tv_kabel(2), jangan lupa samakan settingan koneksi antara Project dengan MySQL anda. Kemudian melalui editor java (dalam hal ini saya menggunakan Netbeans) silahkan jalankan project Server_cuaca terlebih dahulu. Disini anda akan melakukan setting data cuaca yang akan ditampilkan pada sisi client, update terlebih dahulu tanggal cuaca mengikuti tanggal hari ini di system.





Nah setelah data diserver sudah Anda update, sekarang barulah jalankan project TV_Cuaca. Emulator Xletview sudah build-in di dalamnya, jadi saat project dijalankan Emulator Xletview akan otomatis berjalan sebagai Televisi.


Pilih channel terlebih dahulu, channel saya beri nama Propinsi.


Program akan berjalan otomatis setelah anda menekan tombol OK pada remote control (kanan atas). Data cuaca ditampilkan secara random mengikuti data cuaca yang telah disetting di Server. Anda juga bisa memilih data yang akan ditampilkan secara lebih terperinci per-Propinsi atau per-Cuaca dengan menekan tombol pilihan Atas, Bawah, atau angka 1, 2, 3, 4 pada remote control.




Ok, sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat buat temen-temen semua. Terimakasih..

7 comments:

  1. Nice mas,, kalau membuat IDTV dari konversi website gimana ya?? bisa bantu?

    ReplyDelete
  2. Bisa lebih di detailkan? Yang di konversi dari webnya content apa? Outputnya bertujuan utk apa?

    ReplyDelete
  3. Mas, ada tutorialm lebih simple untuk aplikasi TV digital pakai xLetView ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kok, googling aja, salah satunya seperti :
      http://www.interactivetvweb.org/tutorials
      http://www.interactivetvweb.org/content/code-samples

      Delete
  4. mas xletview bisa connect database nggak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, aplikasi yg saya buat di atas sudah terintegrasi database, saya pake mySQL.

      Delete
  5. mas pernah coba membuat aplikasi video chat mnggunakn java gak? kalau ada boleh share donk mas..hehe

    ReplyDelete