Pages

Wednesday, November 16, 2011

DVB-MHP Broadcasting Chain

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan model penyiaran yang dgunakan dalam IDTV (Internet Digital Television) yang menggunakan middleware DVB MHP (Multimedia Home Platform). Konsep yang digunakan ini menurut saya sudah umum digunakan dalam model penyiaran televisi digital sebelumnya, namun letak perbedaannya adalah dukungan penyiaran via internet dan perbedaan beberapa protokol transprot stream. Disini saya akan mencoba mendeskripsikan beberapa kasus secara sederhana.

 
Mekanisme Penyiaran
Mekanisme proses penyiaran sebuah layanan iDTV adalah sebagai berikut :
DVB-T : Broadcasting via Terrestrial (menggunakan frekuensi VHF/UHF)
DVB-C : Broadcasting via Cable ( via kabel)
DVB-S : Broadcasting via Satellite (via satelit)
Internet : Broadcasting via internet


Transport Stream Elements
Pemahaman yang baik tentang konsep transport stream merupakan keuntungan besar dalam mengembangkan aplikasi atau penyiaran MHP. Berikut ini adalah pendahuluan standar yang relevan yang membentuk sebuah aliran transportasi (transport stream) :

MPEG-2 Transport Stream. MPEG-2 adalah standar yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO). Sebuah transport stream adalah aliran berurutan dari 188 byte paket. Secara konseptual bisa dikatakan bahwa transport stream adalah kumpulan dari satu atau lebih layanan. Setiap layanan merupakan koleksi dari satu atau lebih aliran dasar. Aliran dasar adalah urutan paket yang berisi video, audio atau beberapa jenis data lainnya.


DVB Transport Stream. Sebuah transport stream DVB adalah aliran transportasi MPEG-2 yang dibatasi oleh satu atau lebih aturan untuk spesifikasi MPEG-2. Paling penting dalam pengaturan ini adalah bahwa DVB telah mendefinisikan tabel lagi yang disebut Service Information (SI). Tabel SI memperluas dan menambah informasi yang ditemukan dalam PSI (Program-Specific Information). 

MHP. MHP memanfaatkan standar DVB tansport-stream-protokol dan spesifikasi layanan DVB. Ada tabel baru yang ditambahkan ke layanan jika DVB membawa aplikasi MHP, ini adalah AIT (Application Information Table). Aplikasi ini kemudian disiarkan menggunakan format DSM-CC.
 
DSM-CC
DSM-CC adalah bagian dari spesifikasi MPEG-2 [mpeg2DSM-CC] dan mencakup sesi jaringan serta pengelolaan sumber daya, konfigurasi klien, download ke klien, manajemen video, aplikasi layanan interaktif serta perputaran objek pengguna ke pengguna (User to User) untuk aplikasi siaran. Transportasi DSM-CC didasarkan pada bagian MPEG2 seperti yang didefinisikan dalam sistem layer MPEG2 [mpeg2systems]. Aplikasi dan data MHP disiarkan dalam objek carousels. DSM-CC juga mendukung data carousels yang lebih sederhana dari carousels.

Contoh Objek Carousels dalam Layanan DVB :


Synchronization
Pada aplikasi MHP itu sangatlah perlu untuk disinkronkan dengan konten media seperti audio atau video. Untuk mengaktifkan aplikasi MHP agar dapat menjalankan sinkronisasi dengan konten media, MHP menggunakan sebuah Stream Event. Stream Event adalah data paket-kecil yang akan dikirim oleh penyiar ke terminal MHP untuk dilanjutkan ke aplikasi MHP. Stream Event ini dapat berisi konten aplikasi tertentu dalam jumlah yg terbatas. yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tambahan seperti teks dari sebuah pertanyaan untuk aplikasi acara kuis.

Stream Event dikirim bersamaan dgn konten ke terminal MHP dan akan ditangani oleh aplikasi (Xlet) dalam middleware. Xlet itu sendiri hanya perlu mendaftar penerimaan untuk sebuah Stream Event tertentu dan akan diinformasikan oleh terminal MHP, jika acara streaming sudah diterima. Semua tindakan yang diperlukan seperti penyaringan transport stream serta penggalian dan parsing data akan dilakukan oleh terminal MHP. Jika Stream Event tersedia untuk aplikasi MHP, maka middleware akan membuat objek StreamEvent yang akan memberikan izin untuk penerimaan objek stram event dari Xlet tersebut.


Section Filtering
Section adalah data logika yang dikirim melalui paket kontainer TS (transport stream). Data ini didefinisikan dalam spesifikasi sistem MPEG2 [MPEG2Systems]. Sebuah section biasanya digunakan untuk mengirimkan metadata dari keberadaan aliran dasar audio dalam sebuah TS, tetapi penggunaannya tidak terbatas pada ini. Batas praktis untuk ukuran penyimpanan terletak pada kemampuan STB menerimanya, yaitu kemampuan caching. Section filter dalam MHP memiliki panjang yang sama yaitu 8 byte panjang kedua nilai dan subnet. Subnet akan menentukan bit mana yang akan dimasukkan ke dalam filter sedangkan nilai akan menentukan kemungkinan kecocokan.


Tuning dan Service Selection
Terminal MHP menyediakan penampilan yang sederhana, yaitu antarmuka sederhana untuk semua dasar Tuning dan Service Selection. Decoding simultan dari beberapa layanan (video, audio dan data pada tingkat perlindungan yang berbeda) dan service selection itu didasarkan pada layanan informasi yang dimungkinkan. Seluruh tingkat Pada sebuah ukuran aplikasi harus memungkinkan untuk terjadi tuning (javax.tv.service.selection) secara paralel dengan pelaksanaan method destroyed Xlet (aplikasi). Oleh karena itu, implementasi dari metode tersebut tidak harus bergantung pada kemampuan untuk mengambil class sambil mengeksekusi, karena objek carousel yang digunakan oleh aplikasi tersebut mungkin tidak tersedia lagi.


Prinsip Conditional Access
Conditional Access - atau CA - adalah sebagai sebutan untuk menyiratkan suatu cara untuk mengontrol siapa yang boleh menonton, mendengarkan atau menggunakan conten yang didistribusikan. Cara untuk melakukan ini adalah dengan mengenkripsi konten di ujung transmisi untuk kemudian dapat didekripsi hanya pada sisi penerima, jika pengguna berhak untuk melakukannya. Semua operator TV berbayar bergantung pada keberadaan sistem CA untuk model bisnis mereka dan pada awal didistribusikannya satelit televisi juga sangat diperlukan sebuah enkripsi program layanan mereka.

Sistem CA telah digunakan juga di dunia analog dengan fungsi utama sebagai komponen utama dalam sistem TV berbayar. Jadi enkripsi dari layanan televisi digital adalah persyaratan komersial dalam proses spesifikasi awal. Hal ini sudah digunakan di banyak jaringan. Dalam interpretasi sederhana, proses sebuah CA dpt digambarkan sbg berikut :


Sekian dulu dari saya mengenai DVB-MHP broadcasting chain. Jika ada kekurangan atau kekeliruan dalam pembahasan yang saya sampaikan mohon disampaikan. Sharing adalah sarana terbaik dalam sebuah pembelajaran. Terimakasih.

Teori Referensi : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org | interactivetvweb.org]





No comments:

Post a Comment