Pages

Friday, November 23, 2012

Membuat Aplikasi Matematika untuk IDTV (Interactive Digital Television)

Halo all, kali ini saya akan berbagi experiment bagaimana membuat aplikasi Kuis Matematika untuk IDTV (Interactive Digital Television) menggunakan Java. Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya, mungkin selama ini kita telah akrab dengan berbagai aplikasi yang ada di PC maupun ponsel, contonya seperti game, chat, konferensi video, transaksi digital, dan lain sebagainya. Dengan kehadiran berbagai teknologi terbaru dalam lingkungan televisi digital, ternyata konten serupa bisa pula diterapkan di dalam televisi, itulah IDTV (Interactive Digital Television). Hal ini sudah tentu akan memberikan dampak besar bagi Indonesia, baik untuk produsen TV, pengembang atau programmer, maupun penonton mulai dari anak anak sampai orang dewasa.

Bagi para pengembang atau programmer hal ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan konten interaktif lokal yang nanti diaplikasikan pada layanan baru pertelevisian Indonesia. Akan tetapi untuk saat ini media dan peralatan yang disediakan  untuk pengembangannya secara konvensional masih sangat mahal. Dari dasar itulah penulis mencoba membuat aplikasi Kuis Matematika untuk lingkungan IDTV dengan memanfaatkan beberapa media non-konvensional yaitu menggunakan Java MHP (Multimedia Home Platform), JMF dan Xletview. Tujuannya adalah selain memberikan alternatif pengembangan, aplikasi yang dibuat juga dapat menjadi sarana interaktif dalam melakukan pembelajaran Matematika melalui media televisi. Aplikasi Matematika yang saya buat ini ditujuakan  untuk anak-anak pada tingkat sekolah dasar (SD), dan tentunya konten atau soal-soal dalam aplikasi ini sudah saya sesuaikan dengan pembelajaran matematika tingkat SD. Oke langsung saja ke pokok utama.

Hal–hal yang perlu disiapkan

  1. Editor Java. Dalam hal ini saya menggunakan NetBeans IDE 6.7.1 dan JDK 1.6.
  2. Library MHP (Multimedia Home Platform) yaitu MHP Stubs. MHP Stubs bisa anda download disini.
  3. Emulator Xletview. Dalam hal ini saya menggunakan XletView 0.3.6 yang sudah terintegrasi dengan JMF 2.1.1. Download Xletview 0.3.6.

Sekilas Metode IDTV

 

DVB-MHP Chain


Dalam gambar  tsb menjelaskan model penyiaran yang dgunakan dalam IDTV (Internet Digital Television) yang menggunakan middleware DVB MHP (Multimedia Home Platform). Konsep dan informasi lebih jauh mengenai ini bisa anda lihat pada posting saya sebelumnya, DVB-MHP Broadcasting Chain.

Metode MHP dalam Java


Ada beberapa hal penting mengenai penerapan Metode MHP (Multimedia Home Platform) dalam Java, dalam hal ini disebut DVB-J (DVB-Java). MHP didasarkan pada subset dari Java Personal 1.2 dan beberapa elemen utama telah dihapus, beberapa untuk menghemat ruang, yang lain karena fungsi mereka tidak diperlukan dalam konteks TV. Berikut beberapa perubahan utama :
  1. Beberapa fungsi utama telah ditambahkan di Java, yaitu API tambahan untuk fungsi STB yang spesifik (DVB MHP API). Dimana fungsi yang dibutuhkan tersebut terlalu berbeda dari standar kode Java sebelumnya.
  2. Beberapa perubahan model UI, yang mencerminkan TV-centric dan model dari PC / model workstation yang dibutuhkan dalam Televisi.
  3. Perubahan dalam class Java utama juga dibuat untuk menghemat ruang memori.
  4. Penambahan library khusus yaitu MHP MHPstubs.

Rancangan Aplikasi

Berikut ini adalah analisa atau perancangan aplikasi kuis matematika yang telah saya buat.

Siklus Hidup Aplikasi Kuis Matematika


Flow Chart


Code Program

Disinilah proses penting yaitu menulis code program dalam editor java satu persatu menurut class-class yang berorientasi object. Jika ingin lebih simpel, buat project yg anda inginkan kemudian copy paste code yang telah saya buat ke dalam project anda, code lengkap bisa anda download di sini. Setelah selesai kurang lebih susunan code dan classnya seperti gambar. Kemudian build aplikasi.


Anda boleh mengembangkan aplikasi ini sesuai keinginanan anda, mungkin hasilnya akan lebih baik, asalkan tidak untuk di komersialkan.

Implementasi dan Demo Aplikasi

  1. Jalankan Emulator Xletview, kemudian lakukan Manage Aplication, yaitu melakukan remote aplikasi yang telah kita buat tadi, cara lengkap mengenai Manage Aplication bisa anda lihat di sini. Pastikan juga anda telah mengatur konfigurasi interface Xletview sesuai keinginan anda.
  2. Kemudian load aplikasi, jika berhasil maka tampilan aplikasi kurang lebih seperti pada gambar. Selamat mencoba.



Attachment :

Zoom DI SINI.
Zoom DI SINI.
Zoom DI SINI.
Zoom DI SINI.
Zoom DI SINI.
Zoom DI SINI.
NB : Implementasi yang kita lakukan disini adalah implementasi secara offline pada komputer desktop atau laptop dengan bantuan emulator Xletview. Jika anda ingin mengimplementasikan pada perangkat IDTV nyata yaitu DVB-STB, anda hanya perlu menginstal aplikasi yang telah kita buat tadi pada perangkat DVB-STB, kemudian outpunya akan tampak pada televisi.

No comments:

Post a Comment