Pages

Friday, November 11, 2011

API MHP (Multimedia Home Platform)


Pada tulisan ini kita akan membahas API yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi MHP (Multimedia Home Platform). Seperti yg saya ketahui MHP menggunakan sejumlah standar API yang sudah ada dan juga menyediakan beberapa API tambahan yang khusus. Berikut adalah Java API utama yang digunakan dalam MHP.

1. Core API


2. JMF API
API ini digunakan untuk mengontrol bagaimana audio dan konten video diterjemahkan dan ditampilkan, dan didefinisikan oleh Sun Microsystems. Sementara ini banyak digunakan untuk mengendalikan siaran video apa yang disajikan (dan bagaimana disajikan), aplikasi juga dapat menggunakan JMF untuk memutar file audio atau menampilkan jenis khusus dari format gambar. JMF 1.0 pada awalnya dirancang untuk mengontrol streaming video dan audio dari file disk baik secara lokal atau dari server file "video" melalui jaringan. Dalam rangka untuk mengatasi sifat unik dari aliran siaran, JMF diperpanjang oleh DAVIC dengan paket org.davic.media nya, dibahas kemudian. Pada JMF 1,0 yang digunakan untuk iDTV berisi paket berikut: (javax.media) dan (javax.media.protocol).

3. JavaTV API
Java TV API adalah abstraksi transportasi independen untuk akses ke MPEG-2 SI (seperti standar transportasi yg diperpanjang) dengan dukungan tambahan untuk sifat unik dari penyiaran tradisional data seperti file. Hal ini sedikit lebih menguntungkan SI DVB atas sistem lain, karena yang pertama kali model ini didukung, namun secara umum adalah abstrak 99%. JavaTV API berisi paket berikut:
4. DAVIC API
DAVIC, Digital Audio Visual Coeperation sebuah organisasi yang didirikan untuk mempromosikan aplikasi audio-visual melalui standar terbuka. Ini mengangkat tentang masalah dari MHEG dan menambahkan Java API yang menawarkan kontrol yang lebih baik dari penerima aplikasi. Banyak peserta DAVIC kemudian juga bergabung dengan DVB untuk pekerjaan MHP mereka.Dalam MHP saat ini, ada beberapa paket yang berasal dari pekerjaan DAVIC awal. Paket-paket ini terutama memberikan kontrol aplikasi yang lebih baik dari kedua seleksi dan presentasi baik audio dan video. DAVIC juga menyediakan kerangka pemberitahuan sumber daya yang langka digunakan dalam konsisten dalam MHP. 
(org.davic.media) termasuk ekstensi kerangka Java Media relevan dengan konten TV. Yang paling penting adalah kontrol bahasa baik untuk audio dan sub judul.
(org.davic.mpeg) mewakili konsep sistem MPEG melalui Transport Stream, Layanan dan kelas Streaming Dasar. Informasi ini sebagian diekstraksi dari informasi PSI MPEG dibawa dalam aliran transportasi. Pada org.davic.mpeg.dvb Paket berisi sub versi diperpanjang dari kelas-kelas dengan informasi khusus tambahan DVB. Sub paket lain, org.davic.mpeg.sections, menyediakan kemampuan untuk menyaring bagian tertentu dari MPEG transport stream.
(org.davic.net) berkaitan dengan referensi konten melalui kelas Locator. Dalam org.davic.net.dvb kelas ini diperpanjang untuk DVB yg lebih spesifik. Tuning eksplisit antara aliran transportasi ditangani dengan paket org.davic.net.tuning. Namun, hal ini tidak diperlukan ketika berpindah layanan. Paket org.davic.net.ca lastsub berhubungan dengan semua masalah sistem akses bersyarat.
(org.davic.resources) memegang kerangka untuk pemberitahuan sumber daya yg diadopsi di MHP. Setiap sumber daya yang langka pada perangkat sendiri akan menerapkan rezim pemberitahuan, tetapi harus didasarkan pada antarmuka yang ditemukan dalam paket ini.

5. Havi API
Home Audio Video Interoperabilitas (Havi) telah mendefinisikan serangkaian luas paket berbasis Java untuk perangkat elektronik konsumen. Salah satu bagian dari Havi yang telah diadopsi oleh standar pendukung Java adalah paket user interface (UI). User Interface Havi berisi paket-paket berikut: (org.havi.ui) dan (org.havi.ui.event).

6. DVB API
DVB API adalah API yg dibuat khusus untuk MHP oleh DVB. Berikut adalah isi DVB API :
(org.dvb.application) menyediakan akses ke daftar aplikasi, yang tersedia dalam konteks dan kemampuan untuk meluncurkan aplikasi tersebut.
(org.dvb.dsmcc) memperluas akses ke file yg dibawa dalam aliran siaran. API juga menyediakan akses ke objek seperti aliran dan acara stream, dan aliran deskriptor acara dan deskriptor NPT. Salah satu kelas yang paling penting adalah DSMCCObject tersebut. Contoh obyek ini merupakan obyek dalam DSM-CC korsel. DSMCCObjects dapat digunakan secara langsung atau dengan menggunakan metode java.io.File.
(org.dvb.event) menyediakan akses ke peristiwa input pengguna sebelum mereka akan diproses melalui mekanisme event dari paket java.awt. Sebuah kelas yang mengimplementasikan UserEventListener dapat menerima peristiwa input walaupun aplikasi yang tidak memiliki fokus input pengguna.
(org.dvb.io) menyediakan dukungan untuk komunikasi antar-aplikasi dan ekstensi pada paket java.io untuk akses ke file yg diadakan di penyimpanan persisten. Dengan kelas org.dvb.io.ixc.IxcRegistry Anda dapat memperoleh referensi ke remote object yang berada di Xlet lain pada terminal MHP yang sama. Pada org.dvb.io.persistent menyediakan akses dan atribut dari file yang tersimpan dalam penyimpanan persisten.
(org.dvb.lang) menyediakan platform inti yang terkait fitur yang tidak ditemukan dalam paket java.lang. DVBClassLoader ini digunakan untuk memuat kelas dan sumber daya dari jalur pencarian URL merujuk ke lokasi di mana file kelas Java dapat disimpan.
(org.dvb.media) menyediakan ekstensi khusus untuk DVB Framework Media Java. Pemain yang menyajikan video dalam HVideoComponent untuk mengontrol bagaimana video terpotong menggunakan antarmuka org.dvb.media.VideoPresentationControl. Org.dvb.media.BackgroundVideoPresentationControl ini hanya digunakan dengan video yang disajikan di pesawat video. Antarmuka dapat digunakan untuk mengatur ukuran, posisi, dan wilayah kliping. Org.dvb.media.VideoFormatControl menyediakan cara untuk mengubah sinyal yang masuk sesuai dengan format yang ditetapkan dalam konversi format decoder (DFC). Paket org.dvb.net.ca menyediakan CAPermission yang memegang izin untuk berbagai id CA sistem. MHP memerlukan dukungan untuk HTTP. Paket org.dvb.net.rc memungkinkan aplikasi mendirikan sebuah saluran kembali jika diperlukan untuk HTTP / TCP / koneksi UDP. Paket org.dvb.net.tuning memegang izin tuner dan rekan SI setiap database dengan antarmuka jaringan.
(org.dvb.si) menyediakan akses ke layanan informasi DVB. Peta API yang lebih atau kurang langsung ke aliran yang mendasari SI. Kelas SIDatabase mewakili seluruh database SI terminal MHP memiliki akses ke pada tuner yang diberikan. Ketika aplikasi melakukan permintaan untuk SIDatabase, sebuah objek SIRequest dikembalikan. Sebagian besar panggilan ke SIDatabase adalah asinkron, ketika informasi yang diminta tersedia SISuccessfulRetrieveEvent yang dikirim. Ini berisi referensi ke objek SIRequest. Dengan menggunakan metode retrieveDescriptors dari interface SIInformation adalah mungkin untuk mendapatkan deskripsi yang terkait dengan elemen SI. Hal ini juga memungkinkan untuk memantau perubahan pada elemen SI tertentu menggunakan SIMonitoringListener tersebut. Kelas DVBTest dari paket org.dvb.test memungkinkan aplikasi tes untuk log pesan selama eksekusi mereka dan untuk menunjukkan kondisi penghentian dengan platform independen.
(org.dvb.ui) menyediakan fungsionalitas grafis yang diperluas. Kelas DVBGraphics adalah kelas adaptor untuk mendukung alpha compositing dalam perangkat MHP. Dukungan untuk komposisi alpha memungkinkan adanya aturan yang mengatakan bagaimana transparansi diterapkan pada konteks grafis dan bagaimana bila dicampur dengan komponen di bawahnya dalam hirarki AWT.
(org.dvb.user) menyediakan akses ke pengaturan dan preferensi yg dikonfigurasi oleh pengguna akhir.

Nah, seperti yang terlihat di atas beberapa API bisa digunakan untuk fitur yang sama. Di bawah ini akan saya sajikan fitur utama dari API yang tersedia untuk masing-masing.

Grafis kontrol: (AWT), (Havi), (DVB UI)
SI akses: (JavaTv), dan (DVB SI)
Pemilihan layanan: (Pemilihan layanan Javatv), dan (JMF) 
Kembali saluran: (org.dvb.net.rc)
Audio / kontrol video: (JMF), dan (DAVIC)
Pengelolaan sumber daya oleh aplikasi: (org.davic.resource)
Tuner kontrol API: (DAVIC)

Teori Referensi : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org | interactivetvweb.org]

9 comments:

  1. Thanks mas bro..
    Kalo bisa cantumkan link'a gan biar ane bisa susul balik..key :)
    Login jg lebih baik. hehe

    ReplyDelete
  2. wahhh keren :D http://inforiatif.com

    ReplyDelete
  3. Thanks bro dah berkunjung. Saya sangat menghargai kunjungan'a, saya juga udah follow situs anda.

    ReplyDelete
  4. wah thanx masbro :P

    script nullebuat themesnya , bikin sendiri ta??
    saya lagi edit blog yang lama tapi make dari temanya gaantry :P
    ini http://screamz.tk

    ReplyDelete
  5. Haha bukan, saya pake recomended'a blogger kok, tapi saya custom dikit.
    Oiya desain yg di screamz.tk bagus tuh,,tinggal de custom & + widget2 third party pasti tambah cakep mas bro.

    ReplyDelete
  6. hehehe .. iya masbro,tp masih bingung sama materinya ne hehehehe...
    thema nya juga full nulled script, jadi untuk pemasangn dan penyusunannnya harus dirangkai secara manual :D harus lebih teliti ni :P

    ReplyDelete
  7. Iya bener tuh.. Tetep semangat dah bro..

    ReplyDelete