Pages

Thursday, November 10, 2011

Proyek DVB (Digital Video Broadcasting)

Sekitar tahun 1990, setelah puluhan tahun penelitian tentang teknologi pengkodean video, saluran modulasi dan integrasi chip telah mencapai status yang menunjukkan bahwa siaran TV digital bisa komersial terealisasi dalam waktu dekat. Pada tahun 1991, sebuah kelompok bernama "European Launching Group" didirikan untuk mulai berkoordinasi dengan semua pemain yang tertarik isu-isu teknologi dasar yang diperlukan untuk pengenalan TV digital. Sejak dasar resmi mengenai proyek DVB (Digital Video Broadcasting) muncul dari kelompok ini pada tahun 1993, kemudian barulah inisiatif ini berhasil dibundel pada semua perkembangan teknis yang relevan di bidang televisi digital.

 
Pihak ini telah mengembangkan spesifikasi untuk sistem televisi digital, yang dimasukkan ke badan standar internasional seperti ETSI. DVB / ETSI ini kemudian menjadi standar adopsi di seluruh dunia dan mereka memberikan dasar untuk ratusan kabel, satelit dan jaringan terestrial serta pasar yang terkait dengan jaringan ini. Di Eropa, keberhasilan DVB telah membawa tingkat interoperabilitas yang jauh lebih luas daripada sebelumnya dalam sejarah. DVB saat ini memiliki sekitar 250 perusahaan anggota dari seluruh dunia yang mencakup semua aspek teknis dan layanan TV digital.

Pengembangan Standard API Terbuka MHP
Pada tahap pertama standardisasi, DVB berkonsentrasi pada dasar-dasar seperti channel coding untuk kabel, transmisi satelit dan terestrial, layanan informasi, transmisi teleteks dan mekanisme enkripsi dasar. Hal ini sangat membantu untuk mencapai awal sukses dari pasar TV digital di sekitar tahun 1995. Bagaimanapun juga, diskusi di beberapa pasar muncul tentang sistem API. Hal ini menjadi jelas bahwa potensi TV digital jauh dapat ditingkatkan dengan interaktivitas tetapi pada saat yang sama perbedaan API justru muncul di pasar yang eksklusif dan tidak kompatibel. Kedua aspek dari masalah tersebut menjadi kekhawatiran karena disebabkan tidak kompatibel dengan mitra pasar dan hanya di beberapa pasar berorientasi vertikal diperkenalkan API yang berbeda. Dalam pasar-pasar ini biasanya salah satu operator TV berbayar memutuskan sendiri API yang akan digunakan dan disubsidi dengan decoder yang sesuai. Penyedia layanan lainnya bahkan telah diblokir dari pembuatan konten atau decoders mereka. Akibatnya, tidak ada pengembangan pasar yang luas terjadi. Oleh karena itu, pada tahun 1997, proyek DVB mulai memperluas ruang lingkup kerja yang sukses dari TV digital murni ke TV digital interaktif dan untuk mengembangkan sebuah standar API tunggal.
"Interoperability of digital interactive television services and enhanced digital television equipment, at the level of the consumer, should be encouraged in order to ensure the free flow of information, media pluralism and cultural diversity. It is desirable for consumers to have the capability of receiving, regardless of the transmission mode, all digital interactive television services, having regard to technological neutrality, future technological progress, the need to promote the take-up of digital television, and the state of competition in the markets for digital television services. Digital interactive television platform operators should strive to implement an open application program interface (API) which conforms to standards or specifications adopted by a European standards organization." (Recital 13 of the Directive 2002/21/EC)
Kutipan di atas merupakan kerangka peraturan Uni Eropa untuk jaringan komunikasi elektronik dan jasa terkait untuk pasar terbuka dan API standar di bidang televisi interaktif digital. Kerangka ini mengharuskan Negara Anggota untuk merekomendasikan penyedia layanan dan penyedia peralatan untuk menggunakan API terbuka. Akibatnya, Komisi Uni Eropa menyambut pengenalan MHP sebagai iDTV standar Eropa.

Perkembangan MHP dalam DVB
Segera setelah berkembang dari upaya standardisasi API dalam DVB pada tahun 1997, menjadi jelas bahwa teknologi standar baru tidak dapat didasarkan pada salah satu API priroritas yang ada di pasar saat itu. Selanjutnya, dengan penelitian lebih jauh, keputusan baru dibuat dengan menggunakan teknologi Java sebagai dasar untuk API umum terbaru. Setiap produk MHP akan menargetkan pasar yang lebih luas tanpa tergantung pada penyiar tertentu, dan beberapa penyedia layanan akan mampu mengembangkan aplikasi interaktif tanpa tergantung pada produsen tertentu, persyaratan hanya mereka harus memenuhi standarisasi MHP. Kekuatan standarisasi ini adalah pendekatan terbuka. Berikut adalah versi-versi MHP dalam perkembangannya :  
1. DVB MHP 1.0 (standard pertama yg diluncurkan tahun 2000) 
2. DVB MHP 1.0.1 (tahun 2001) 
3. DVB MHP 1.0.2 (tahun 2002) 
4. DVB MHP 1.0.3 (tahun 2002) 
5. DVB MHP 1.1  (sudah support DVB-HTML tahun 2004)
 
MHP-KDB dan MHP Test Suite 
DVB telah memperhitungkan masalah interoperabilitas dengan merilis Test Suite MHP resmi untuk pengujian kesesuaian penerima. Setiap perangkat MHP di pasar yang bertujuan membawa logo MHP resmi (lihat di bawah) harus telah lulus Test Suite ini dalam proses self-sertifikasi yang diterapkan oleh produsen. MHP Test Suite dibuat tersedia untuk produsen decoder melalui ETSI. Ini terdiri dari ribuan kasus tes tertulis sebagai Xlets Java yang dapat dijalankan dalam lingkungan pengujian otomatis ATE (Automated Testing Environment).
Sementara itu dalam rangka untuk secara aktif mendukung dan mempercepat perkembangan MHP di seluruh Eropa, MHP Knowledge Database (MHP-KDB) telah diluncurkan. Diprakarsai oleh anggota inti dari Aliansi MHP, EC didanai proyek penelitian menggabungkan kompetensi dari beberapa pemain kunci Aliansi dengan mitra penting dari penelitian teknologi. Dengan membentuk Database Pengetahuan MHP (MHP-KDB), agar bergerak dinamis diperbaharuilah "point of call" untuk semua hal dan kasus yang berkaitan dengan MHP, tujuan proyek ini untuk mengatasi masalah interoperabilitas implementasi MHP dan aplikasi. Database pengetahuan dirancang untuk menyimpan semua pertanyaan dan masalah yang muncul selama proses implementasi decoder MHP dan aplikasi MHP. MHP Knowledge Database ini dibuat pada bulan Juli 2005 yang tersedia untuk akses online untuk masyarakat seluruh dunia. Bisa dakses dan dicek melalui alamat ini http://www.mhpkdb.org.

Teori Referensi : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org | interactivetvweb.org]

5 comments:

  1. Tulisan dAtas cuma membahas Proyek DVB dalam ruang lingkup yg sederhana. Silahkan bagi yg mau nambahin share dSini yak..

    ReplyDelete
  2. Tulisan dAtas cuma membahas Proyek DVB dalam ruang lingkup yg sederhana. Silahkan bagi yg mau nambahin share dSini yak..

    ReplyDelete