Pages

Wednesday, November 16, 2011

Jenis-Jenis Layanan Dalam iDTV

Dalam artikel sebelumnya, saya sudah memperkenalkan konsep iDTV (Interactive Digital Television) jenis layanan baru dalam dunia Televisi Digital yang sudah ada sejak awal tahun 2000 di Eropa, kali ini saya akan mengangkat tentang jenis2 layanan yang ada dalam iDTV tersebut. Dengan kehadiran teknologi televisi digital spektrum baru, memang telah membawa dunia penyiaran televisi ke era yang lebih maju, hal ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi televisi analog selama bertahun-tahun.
IDTV (Interactive Digital Television) atau sering juga disebut sebagai iTV (Internet Television) merupakan serangkain teknik atau system dalam dunia televisi yang memungkinkan pemirsa untuk berinteraksi dengan konten televisi saat penonton melihatnya, contohnya seperti televisi berbayar di Amerika dan Eropa yang memiliki banyak konten yang menarik, seperti game yang bisa dimainkan di telepon seluler sudah bisa ditampilkan di layar televisi. Penonton juga dapat menonton sambil mengakses jadwal acara, portal berita, ramalan cuaca, tampilan katalog iklan, bahkan dapat menikmati layanan internet seperti Email, Youtube, maupun Facebook. Dengan pengembangan berbagai aplikasi dalam teknologi televisi ini tentunya memberikan tampilan yang berbeda dan lebih bernuansa. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

 
EPG atau Pedoman Acara Elektronik adalah aplikasi umum yang harus tersedia dalam perangkat iDTV. EPG merupakan daftar saluran TV yang tersedia atau berbagai program TV yang berjalan pada setiap saluran.



 
VoD (Video on Demand). iDTV memiliki semacam portal dimana pelanggan dapat pilih film dari berbagai film yang tersedia. Biasanya STB memiliki akses broadband, dan film yang dipilih akan disampaikan melalui ADSL atau sambungan yang sama.
 


Layanan Berita / News Service. Ada berbagai macam layanan berita, kebanyakan adalah portal seperti berita urusan saat ini / kabar terbaru. Selain itu ada juga portal informasi mengenai berbagai acara besar seperti kejuaraan, Olimpiade atau Grand Prix, dll.

 

Ramalan Cuaca. Melalui layanan ini pengguna dapat memilih tampilan rinci daerah tertentu untuk suatu hari tertentu. Berbagai layanan seperti di seluruh Eropa menawarkan pilihan perkiraan regional, nasional dan internasional dan informasi terkini.


Layanan Lalu Lintas dapat memudahkan pengguna memilih informasi rinci pada daerah tertentu pada waktu tertentu. Prototipe dari layanan lalu lintas interaktif menyoroti lokasi konstruksi, kemacetan lalu lintas dan blok jalan lainnya untuk setiap wilayah yang dipilih.



Layanan Komunikasi / T-Mail dan T-Chat. Berbagai perusahaan besar di Eropa menawarkan mail client berbasis Internet. Ini dapat diintegrasikan dalam layanan komunitas khusus oleh lembaga penyiaran, yaitu dalam peningkatan program aplikasinya.


 
Jasa Hiburan / T-Games. Permainan Interaktif yang hanya memerlukan sedikit tombol pada remote control dan dapat dijalankan dengan sangat mudah. Aplikasi relatif kecil dan cukup diterima dengan baik oleh pelanggan.




 
T-Commerce. T-Commerce mencakup semua macam aplikasi dan transaksi komersial yang disampaikan dan dilakukan pada layar TV. Seperti iklan interaktif untuk memicu transaksi pembelian aktual melalui TV.


T-Learning. T-Learning mencakup semua macam aplikasi pendidikan yang disampaikan dan dilakukan pada layar TV. Dalam berbagai publikasi ini menyediakan program pendidikan untuk aplikasi pembelajaran interaktif yang memeriksa dan melacak kemajuan peserta didik.




T-Votting. Sebagai instrumen interaktif untuk masyarakat demokratis yang dapat menggunakan layanan pemungutan suara melalui TV (polling).



Sekian dulu dari saya,,makasi..^_^

Teori Referensi : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org | interactivetvweb.org]

4 comments:

  1. Wahh keren ni gan..Nice info..

    ReplyDelete
  2. hmmm keren juga ya?
    kayanya ntar lama-lama semua TV bakalan seperti ini.

    ReplyDelete
  3. Hmm kayaknya si gt,,tp masi lama mungkin bro.
    Nunggu harga perangkatnya turun dulu, maklumlah Indonesia..hehe
    Thanks dah mampir brader,,,

    ReplyDelete