Pages

Friday, November 23, 2012

Xletview

Xletview adalah lingkungan implementasi untuk aplikasi MHP (Multimedia Home Platform) dan OCAP yang memungkinkan untuk menjalankan Xlets. Yang dimaksud Xlets adalah aplikasi yang berjalan dalam lingkungan IDTV (Interactive Digital Television). Jadi dengan kata lain Xletview merupakan emulator untuk menjalan Xlets. Seperti yang saya ketahui Xletview bersifat open source sehingga kita dapat dengan mudah mengatur konfigurasi atau mengembangkan sesuai keinginan kita. Xletview bisa anda download disini. Setelah didownload  coba jalankan aplikasi, caranya buka folder Xletview dan klik dua kali file xletview.jar maka tampilan aplikasi kurang lebih seperti gambar. Disini saya akan membahas Xletview dalam dua kelompok utama, yaitu Konfigurasi Interface dan Manage Applications.

Konfigurasi Interface

Ada 3 konfigurasi utama yang bisa anda atur untuk konfigurasi interface.

1. Konfigurasi channel

Disini kita mengatur tampilan background untuk interface emulator Xletview sebagai manipulasi channel atau saluran dalam sebuah televisi nyata. Buka folder config yg ada di dalam folder xletview. Pilih file channels.xml klik kanan lalu edit.
<?xml version="1.0" encoding="ISO-8859-1"?>
<CHANNELS>
  <CHANNEL>
    <NAME>0</NAME>
    <MEDIA>config/kickandy.jpg</MEDIA>
  </CHANNEL>
</CHANNELS>
Sisipkan code yang telah saya beri tanda merah ke dalam file channels.xml kemudian save. Jika anda ingin mengganti background dengan file gambar anda sendiri, anda tinggal menyesuaikannya dengan filename gambar anda, sebelumnya pastikan gambar tsb anda letakkan dalam folder config.

2. Konfigurasi safe area display

Disini anda bisa mengatur ukuran tampilan interface Xletview. Buka folder config yg ada di dalam folder xletview. Pilih file settings.txt klik kanan lalu edit. Disini anda bisa mengedit beberapa ukuran sesuai keinginan anda. Jika tidak, lebih baik biarkan saja default. Berikut adalah potongan isi dari file settings.txt.
#Mind that paths can not contain backslash
#Make sure there are no spaces after the values
console.font=Helvetica
console.fontsize=10
console.height=200
console.show=true
console.width=500
console.x=0
console.y=0
extra.classpath=

3. Konfigurasi remote control

<?xml version="1.0" encoding="iso-8859-1"?>
<remotecontrol width="130" height="100" imgroot="config/remote_images/" backgroundimage="remote_bg.png" backgroundcolor="">  
    <buttons x="25" y="20" width="100" height="100">
        <button img="button_red.png" x="0" y="0" width="20" height="14" keycode="HRcEvent.VK_COLORED_KEY_0"/>
        <button img="button_green.png" x="20" y="0" width="20" height="14" keycode="HRcEvent.VK_COLORED_KEY_1"/>   
        <button img="button_yellow.png" x="40" y="0" width="20" height="14" keycode="HRcEvent.VK_COLORED_KEY_2"/>   
        <button img="button_blue.png" x="60" y="0" width="20" height="14" keycode="HRcEvent.VK_COLORED_KEY_3"/>   
    </buttons>
Disini anda bisa mengatur tampilan  remote control dari Xletview. Buka folder config yg ada di dalam folder xletview. Pilih file remote_control.xml klik kanan lalu edit. Disini anda bisa mengedit beberapa icon dan ukuran remote sesuai keinginan anda, itu bila anda ingin lebih berexperiment dengan selera anda. Jika tidak, lebih baik biarkan saja default.


Manage Application


Sebelum melakukan Manage Application yg perlu anda perhatikan terlebih dahulu adalah aplikasi yg dimanage atau dikelola disini adalah class project yang telah di build melalui java editor. Misalnya anda memiliki project java / aplikasi MHP yang telah dibuat, dalam project tsb terdapat folder build, lalu di dalam folder build terdapat folder classes, folder classes inilah yang akan di load ke dalam emulator Xletview.
  • Jalankan emulator Xletview terlebih dahulu dengan cara klik dua kali file xletview.jar. Pilih tab Applications lalu pilih Manage Applications.
 
  • Selanjutnya klik New Application pada panel kanan untuk membuat aplikasi baru.
  • Anda akan diminta untuk mengisi tiga form pengisian pada panel kanan yaitu Name, Path, dan Xlet. Untuk form Name isi dengan nama aplikasi yg anda inginkan. Untuk form Path cari dan arahkan ke folder classes yg terdapat dalam folder build dalam project anda. Untuk form Xlet arahkan pada class induk / main class dari project anda.
  • Save & Close. Coba buka lagi tab Applications, maka aplikasi anda terlihat di tab tersebut, klik untuk menjalankan.

No comments:

Post a Comment