Pages

Monday, November 28, 2011

Aplikasi Java-MHP (Multimedia Home Platform)

Bagi temen-temen yang tertarik dalam pengembangan aplikasi iDTV khususnya untuk penggunaan dalam middleware MHP (Multimedia Home Platform), berikut sedikit pembahasan mengenai dasar pembangun aplikasinya. Bagi yang sudah mahir dalam pemrograman Java, mungkin lebih memudahkan nantinya dalam mempelajari Java-MHP sampai ke tingkat lanjut dan semoga memudahkan menjadi developer aplikasi MHP, amiiinnn.


Sebuah aplikasi MHP (Multimedia Home Platform) merupakan aplikasi interaktif yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Aplikasi Java MHP disebut "Xlets", dan berjalan di atas middleware MHP. Xlets memiliki siklus hidup tertentu dan dikendalikan oleh pengguna melalui middleware MHP. Xlets dapat dimulai (start), berhenti sementara (pause), berhenti dan kembali (destroyed). DVB telah mengadopsi bahasa pemrograman Java untuk aplikasi MHP interaktif dan telah menciptakan sebuah versi ringan yang cocok untuk aplikasi siaran yang disebut DVB-J atau DVB-Java.

Aplikasi MHP dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

DVB-J : aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java menggunakan API MHP. Aplikasi-DVB Java dikenal sebagai "Xlets". Ini adalah konsep yang mirip dengan applet untuk halaman Web yang telah diperkenalkan oleh Sun dalam spesifikasi JavaTV. Seperti applet, antarmuka Xlet membutuhkan sumber eksternal (manajer aplikasi dalam kasus penerima MHP) untuk memulai dan menghentikan aplikasi.

DVB-HTML : aplikasi yang tergantung pada implementasi browser. DVB-HTML tidak sangat populer sekarang, sebagian karena spesifikasi untuk DVB-HTML hanya dilengkapi dengan MHP 1.1 dan sebagian karena banyak penyiar, produsen terminal dan pengembang konten merasa terlalu rumit dan sulit untuk diterapkan. Aplikasi DVB HTML adalah serangkaian halaman HTML yang disiarkan sebagai bagian dari layanan. Spec didasarkan sekitar versi XHTML 1.1 termodulasi dan juga termasuk CSS 2.0, DOM 2.0 dan ECMAScript. Sampai saat ini tidak ada test suite yang tersedia untuk DVB-HTML, sehingga dukungan DVB-HTML di terminal MHP tidak dapat disertifikasi.

MHP didasarkan pada subset dari Java Personal 1.2 dan beberapa elemen utama telah dihapus, beberapa untuk menghemat ruang, yang lain karena fungsi mereka tidak diperlukan dalam konteks TV. Berikut daftar perubahan utama dalam MHP :
*Beberapa bagian utama telah ditambahkan di MHP, seperti API tambahan untuk fungsi STB yang spesifik (DVB MHP API). Dimana fungsi yang dibutuhkan tersebut terlalu berbeda dari standar kode Java yang telah diubah.
*Model UI mencerminkan konsumen TV-centric, model dari PC / model workstation.
*Perubahan dalam kelas Java utama dibuat untuk menghemat ruang memori.

Perbedaan Aplet dan Xlets

Applet dirancang untuk digunakan dengan browser internet dan set lengkap kelas Java sebagaimana tercantum dalam standar Java Runtime Environments. Xlets diarahkan pada perangkat aplikasi konsumen, seperti lingkungan penyiaran televisi. Xlet ini menggunakan siklus hidup yang didefinisikan dengan baik Loaded, Pause, Active, Destroyed, terutama disesuaikan untuk lingkungan televisi.

Applet secara signifikan terkait dengan mouse GUI yang dikendalikan, tetapi perangkat elektronik konsumen paling banyak dioperasikan oleh remote control. Applet biasanya terkait dengan halaman HTML dan AWT. Sebuah aplikasi yang memungkinkan navigasi keyboard dan operasi bisa sesuai dijalankan sebagai Xlet, ketika komponen AWT digunakan akan digantikan oleh kontrol Havi. Karena kenyataan bahwa suatu Xlet mungkin berasal dari sistem yang tidak diketahui atau tidak dapat dipercaya dan demi keamanan pembatasan pengamanan sumber daya sistem, applet dan Xlets menggunakan model keamanan yang sama.

Siklus Hidup Xlets :

Loaded, kondisi saat aplikasi DVB-J dimuat tapi tidak diinisialisasi.
Pause, kondisi saat aplikasi diberhentikan sementara.
Active, kondisi saat aplikasi bekerja kembali dan memberikan pelayanan.
Destroyed, kondisi saat aplikasi telah melepaskan semua sumber dayanya dan diakhiri.


Referensi Teori : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org]
Refrensi Gambar : [mhp.org] 

5 comments:

  1. Disalin juga yah ke notepad saya. Maklum saya suka lupa & sering kehilangan bookmark

    ReplyDelete
  2. Ya artikelnya donk... hehehe soalnya saya lagi fokus belajar Ruby & Rails dulu nih

    ReplyDelete
  3. Hoo iya sippph..
    Bagus tu bro Ruby & Rais..
    Semangat dah..

    ReplyDelete
  4. thanks infonya, nambah ilmu tentang Aplikasi java nih,...

    ReplyDelete