Pages

Sunday, June 19, 2011

Program Kompetisi Indigo Fellowship terbaru 2011


Direktur IT & Supply PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) Indra Utoyo,  kemarin tgl 16 Juni 2011 di Jakarta meluncurkan Program Indigo Fellowship 2011. Program ini dimaksudkan sebagai inisiatif Telkom dalam mendorong tumbuhnya industri kreatif khususnya di bidang digital content melalui wadah Indigo (Indonesian Digital Community). “Mulai hari ini masyarakat baik perorangan atau kelompok yang berminat mengikuti program Indigo Fellowship 2011 sudah dapat mendaftarkan diri melalui situs www.fellowship.plasaindigo.com  untuk mengirimkan usulan tokoh dan karya bisnis digital mereka dan mengikuti proses seleksi secara bertahap,” ujar Indra Utoyo.


Indigo Fellowship merupakan program apresiasi kepada individu atau kelompok yang dinilai berhasil membuat karya kreatif digital dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas, serta mendorong tumbuhnya digitalpreneur baru dalam industri digital. Tema yang diusung Indigo Fellowship 2011 adalah ”Digital Creativepreneur for Nation Competitiveness”. “Diharapkan program Indigo Fellowship melahirkan pemain baru bisnis kreatif digital,” ujar Indra Utoyo.

Ekosistem yang Komprehensif dan Sustainable

Dijelaskan Indra, para pemenang Indigo Fellowship 2011 akan masuk ke dalam tahap inkubasi teknis dan bisnis yang selanjutnya dinamakan Indigo Venture. Di sini Telkom akan memberikan semacam financing kepada pemenang dalam mengembangkan karyanya. Karya kreatif yang berhasil menjadi pemenang juga mendapatkan kesempatan mengeksplorasi semua kapabilitas platform Telkom yang ada serta melakukan kegiatan  bersama di lingkungan Telkom Group.

Peserta yang dinilai memiliki karya kreatif terbaik berhak mendapatkan apresiasi berupa dukungan dana untuk inisiasi bisnis sebesar Rp 50 juta dan mengikuti mentoring digitalpreneurship dari para pakar di bidangnya. “Selain itu karya pemenang berpeluang dikembangkan bersama Telkom Group menjadi produk content dan aplikasi yang siap dipasarkan ke pelanggan,” tegas Indra. Seluruh rangkaian program tersebut mencapai puncaknya akhir 2011 dengan diumumkannya pemenang Indigo Fellowship 2011 dalam paket acara Indigo Award 2011.

Pemilihan pemenang dilakukan berdasarkan kriteria penjurian sebagai berikut :

   1. Profit/Marketability:  Karya kreatif yang dipilih harus memiliki kelayakan bisnis untuk diimplementasikan, berpotensi menghasilkan revenue, menekan cost of product, serta menghasilkan keuntungan secara ekonomi.
   2. Product Originality: Karya kreatif harus kreatif, mengembangkan cara/metode baru untuk menghasilkan karya dan innovatif, menemukan karya/produk baru yang belum pernah dikembangkan orang lain serta tidak melanggar hak cipta.
   3. Positive Impact: Karya kreatif harus berdampak maksimal kepada masyarakat, sosial, seperti pengentasan kemiskinan, menekan pengangguran, memperbaiki issue deskriminasi gender, tidak mengandung SARA dan pornografi.
   4. Personality: Peserta yang mengikuti kompetisi memiliki kompetensi di bidang digitalpreneur, mampu mengelola sumber daya untuk membangun industri, dan mampu mengembangkan networking/kolaborasi yang kuat untuk mendorong suksesnya karya digital.

Kategori Kompetisi Indigo Fellowship 2011:

   1. Mobile Content & Application, adalah karya digital baik berupa content atau aplikasi yang diaplikasikan di perangkat handphone.
   2. Web Based Content & Application, adalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content berbasis web yang dapat diakses baik melalui perangkat PC dan koneksi internet.
   3. Business Application, adalah karya digital dalam bentuk aplikasi perangkat lunak untuk kebutuhan pelanggan korporasi dalam menjalankan bisnisnya melalui aplikasi komputer.
   4. Animasi/Komik Digitaladalah karya digital dalam bentuk aplikasi atau content yang dapat diaplikasikan baik di perangkat PC maupun mobile phone baik dalam bentuk komik digital maupun dalam bentuk animasi komputer.

Peserta Meningkat Setiap Tahun

Peserta program Indigo Fellowship setiap tahun menunjukkan peningkatan. Pada 2009 tercatat  250 peserta, 2010 meningkat menjadi  389 peserta. Pada 2011 ini diharapkan 500 peserta dan karya kreatif bisa masuk ke meja dewan juri untuk diseleksi. Guna menyeleksi semua karya yang masuk, Telkom Group melibatkan para juri dari kalangan praktisi dan akademisi yang ahli dibidangnya. Total jumlah juri 20 orang. Adapun tahapan seleksi meliputi penyusunan makalah dan presentasi di hadapan dewan juri.

Telkom Indonesia juga menggandeng berbagai pihak agar  dapat memasarkan karya pemenang Indigo, antara lain kerjasama Telkom dan Gramedia yang kini  telah menerbitkan komik ”Hebring” karyacipta salah satu pemenang Indigopreneur 2009 dalam format digital. Hebring juga  dapat diakses di http://hebring.telkomspeedy.com bahkan juga ada versi e-book yang dapat dibaca di iPad dan iPhone.

Program Indigo adalah inisiatif strategis Telkom yang diluncurkan pada akhir 2007, sebagai wadah industri kreatif Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital dan membangun industri kreatif yang sehat dan menyehatkan.

( TEMEN-TEMEN ADA YG BERMINAT..??  INFO SELENGKAPNYA DAN PENDAFTARANNYA LANGSUNG AJA MENUJU TKP YA..(http://fellowship.plasaindigo.com). Batas pendaftaran tanggal 16 September 2011 )

 

No comments:

Post a Comment