Pages

Wednesday, June 15, 2011

Pengenalan iTV atau iDTV


Selama ini, kita telah akrab dengan berbagai aplikasi yang ada di PC maupun ponsel, contonya seperti game, chat, video converence, transaksi digital, dan lain sebagainya. Dengan kehadiran berbagai teknologi terbaru dalam lingkungan televisi digital, ternyata konten serupa bisa pula diterapkan di dalam televisi, itulah iDTV (Interactive Digital Television). iDTV sering juga disebut dengan iTV (Internet Television).


iDTV (Interactive Digital Television) merupakan serangkain teknik atau system dalam dunia televisi yang memungkinkan pemirsa untuk berinteraksi dengan konten televisi saat mereka melihatnya, contohnya seperti televisi berbayar di Amerika dan Eropa yang memiliki banyak konten yang menarik, seperti game yang bisa dimainkan di telepon seluler sudah bisa ditampilkan di layar televisi. Penonton juga dapat menonton sambil mengakses jadwal acara, portal berita, ramalan cuaca, tampilan katalog iklan, bahkan dapat menikmati layanan internet seperti Email, Youtube, maupun Facebook.

Di Indonesia saat ini penerapan teknologi iDTV (Interactive Digital Television) tergolong masih sedikit dan sedang dikembangkan. Berdasarkan informasi dari koran dan majalah baru-baru ini, ada dua perusahaan yg sedang mengembangakan teknologi Televisi Digital Interaktif, yaitu PT.First Media dan PT.Telkom. First Media meluncurkan layanan televisinya menggunakan konsep MHP (Multimedia Home Platform), sedangkan Telkom meluncurkan produk barunya dengan menggunakan konsep IPTV (Internet Protokol Television), dan segera akan terus di kembangkan secara luas.

MHP (Multimedia Home Platform) merupakan sebuah standar system multi middleware terbuka yang dirancang oleh proyek DVB (Digital Video Broadcasting) untuk lingkungan televisi digital interaktif (iDTV) yang mampu menerapkan berbagai konten interaktif di dalamnya. MHP adalah salah satu platform iDTV yang berbasis Java yang banyak di gemari dan mudah dikembangkan. Kehadiran teknologi MHP oleh First Media di Indonesia menjadikan TV tidak lagi sekadar alat tontonan, tapi juga alat komunikasi dua arah. Penonton akan mendapatkan kenikmatan berbeda dan kelak akan memengaruhi gaya hiduppara penonton.


Teori Referensi : [wikipedia.org | mhp.org | dvb.org | interactivetvweb.org]

6 comments:

  1. hmmmm menarik menarik....

    tapi karena masih jarang di indonesia, sepertinya 'mahal'.

    ReplyDelete
  2. Iya dan untuk saat ini cuma beredar di Jakarta..
    Wilayah lain masih ndak cukup kepeng-nya,,hehe
    Ndak ada salahnya kita kenal dan tau z..

    ReplyDelete
  3. wahh keren nih kyaknya,hahah... di bali udah ada blm ya,wkwkwkw.. nice info sob..

    ReplyDelete
  4. Cyberspace_heaven @ Thanks bro,,sama-sama. Di Lombok juga gak bakal ada..hehe tapi sekedar saling share z.

    ReplyDelete
  5. mas, untuk memasukkan game berbasis tv digital gmana yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metodenya sama seperti menginstal aplikasi di Android / smartphone via offline. Sekarang tergantung projectnya, game nya itu dibikin installer atau udah ready running..

      Delete